Materi pembelajaran Tematik SD

Kali ini kita akan sharing sedikit tentang Materi Pembelajaran Tematik SD ya semoga bisa bermanfaat untuk adik siswa siswi Sekolah Dasar.

A.     JUDUL TULISAN : KISAH MATAHARI SI RAJA ENERGI 
Di suatu negeri yang jauh sedang  terjadi krisis energy . Semua kehidupan menjadi  terganggu.Karena semua membutuhkan energi. Menjalankan motor ,menjalankan mesin,menghidupkan computer,semua membutuhkan energi . Namun sekarang sudah menjadi barang langka sekali .karena sumber energi  yang  kebanyakan dari sumber  dari minyak bumi terkuras habis .

Lalu datanglah  pemikiran dari para ahli cendekia di negeri  itu . ‘’ Kenapa  mereka tidak menggunakan energi   matahari ? Matahari adalah sumber energi  terbesar di bumi .Tanpanya maka semua tumbuhan dan juga kehidupan akan mati. Kita harus memanfaatkan energi  matahari untuk menyelamatkan bumi . ‘’ Kata mereka .

Lalu dimulailah penelitian untuk memanfaatkan matahari sebagai sumber energi .selain murah  energi matahari tidak menimbulkan polusi .setelah bekerja keras  tanpa kenal lelah,para cendekia berhasil menciptakan alat yang digunakan untuk menyimpan  energi matahari .untuk selanjutnya energi itu dimanfaatkan untuk keperluan sehari –hari .

Para cendekia kemudian mengembangkan pemanfaatan energi matahari .Maka terciptalah mobil tenaga matahari , pemanas energy matahari ,dan sebagainya .Akhirnya negeri yang jauh itu pun ,dapat terselamatkan dari krisis energi .kehidupan mereka kembali berlangsung dengan aman dan sejahtera .

B.   TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI
1. Dengan kegiatan membaca teks cerita, siswa mampu menetukan gagasan pokok atau id pokok dari teks tersebut.

2. Dengan kegiatan membaca teks cerita, siswa dapat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan mengenai pengaruh panas matahari terhadap benda-benda yang dijemur dibawah sinar matahari, dalam waktu tertentu dan benda-benda yang diletakkan di tempat yang teduh.

3. Dengan kegiatan membaca teks cerita, siswa dapat menentukan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui


C. GAMBAR TENTANG MATERI PEMBELAJARAN

Energy matahari untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan


Energy matahari untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan


Energy matahari untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan


Energy matahari untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan

D.     BAHAN BACAAN BAGI SISWA

MANFAAT ENERGI MATAHARI .
Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi .Energi yang diberikan matahari berupa energy panas dan energi cahaya. Energi matahari merupakan energi yang tidak menghasilkan polutan atau produk sampingan yang berbahaya bagi lingkungan. Di samping itu,energi matahari dianggap sebagai energi terbarukan karena aka nada terus selama matahari bersinar.

Manfaat Energi cahaya, antara lain :
a. Membantu tumbuhan untuk membuat makanan pada fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan .

b. Energi cahaya matahari menerangi bumi pada siang hari .Bumi menjadi terang benderang sehingga kita tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari.

c. Hewan memerlukan sinar matahari untuk menghangatkan tubuh.Beberapa hewan memerlukan penerangan sinar matahari untuk mencari mangsa.

Manfaat Energi Panas matahari, antara lain :
a. Mengeringkan pakaian
b. Menghangatkan bumi
c. Sumber energy panas dan energi listrik
d. Mengeringkan berbagai macam bahan makanan supaya awet, misalnya kerupuk dan ikan asin

Contoh-contoh LJK SD,SMP,SMA Terbaru

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 K13 Lengkap

Administrasi Guru Kelas 5 SD K13